Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Diri Sendiri, Sub Tema Tubuhku”.

Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus,Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Indra atau indria merupakan alat penghubung/kontak antara jiwa dalam wujud kesadaran rohani diri dengan material lingkungan. Dalam ajaran Hindu indria ada sebelas macam dan disebut sebagai eka dasa indriya.

Lima macam indra berfungsi sebagai alat sensor dalam bahasa Sanskerta disebut panca budi indriya dan dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai panca indra yaitu: alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu untuk merasakan (kulit/indra peraba).

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (KESEHATAN)

1.        Secara umum, memelihara kesehatan anak bertujuan agar tidak terjadi penyakit yang dapat mengganggu belajar serta kecerdasan anak adalah dengan a) menjaga kebersihan diri anak dan lingkungannya, b) imunisasi tepat waktu, c) menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Perawatan kesehatan pada anak usia dini dapat diawali dari pemberian makanan yang sehat dan menjaga kebersihan. Pemberian makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan, mendidik anak sejak usia dini untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

LINGKUNGANKU (rumah)

Anak-anak diajarkan bersyukur kepada Allah SWT mengucapkan Alhamdulillah memiliki rumah, mewarnai rumah dengan kunyit dan Pensil

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Kebutuhan pada dasarnya berasal dari kata “butuh” yang artinya perlu, penting, dan juga ketergantungan. Jika diartikan dari dasar katanya, maka arti kata kebutuhan adalah setiap hal yang diperlukan orang lain dalam sebuah kegiatan tertentu.

Menurut beberapa ahli sendiri, pengertian kebutuhan adalah setiap hal yang timbul secara naluriah, yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup dan menjalankan berbagai macam aktivitas.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Hari ini kami belajar sebab dan kegunaan pakaian. Mengapa kita harus memakai pakaian? Melindungi tubuh kita dari panas, dingin, supaya cantik, supaya tampan, agar terlihat rapi, dll. Kami juga mengenal berbagai jenis pakaian dan fungsinya seperti kemeja dan celana panjang untuk ayah bekerja, seragam untuk kami sekolah, celemek untk ibu memasak, jaket agar tidak kedinginan, dan banyak lagi.

      Di halaman pertama buku baru itu ada gambar gaun yang sangat bagus sekali. Tapi belum ada warnanya. Kata Bunda Kiki, kalau bajunya mau cantik harus diwarnai, tapi mewarnainya harus bagus dan rapi, dan yang penting harus mewarnai sendiri.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Alam semesta (disebut pula jagat raya atau universum) merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan seluruh ruang waktu kontinu tempat kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya pada pertengahan pertama abad ke-20(Wikipedia)

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

alah satu cara seorang pendidik untuk mencari acuan pembuatan program belajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Proses belajar anak dilakukan berdasarkan pinsip-prinsip perkembangan pada anak yaitu bahwa anak belajar secara holistik, belajar dilakukan dalam tahapan mulai dari yang sederhana hingga ke kompleks, dari yang mudah hingga ke yang sukar, dari konkrit ke abstrak, dari diri sendiri ke orang lain, dari keseluruhan ke bagian-bagian, anak belajar dalam kecepatannya masing-masing

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Pengenalan lingkungan merupakan salah satu komponen dalam bahan pembelajaran pada proses pendidikan anak usia dini (PAUD). Salah satu tujuan pada pendidikan anak usia dini yaitu pengenalan lingkungan. Pengenalan terhadap lingkungan ditujukan agar anak mengenal, memahami dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar di rumah maupun diluar rumah.

Lingkungan yang dimaksud memiliki arti yang luas termasuk lingkungan pada anak (dirinya sendiri), keluarga dan rumah. Selain itu pengamatan lingkungan alam sekitar penting dilakukan untuk perkembangan dan  pertumbuhan kecerdasan pengenalan lingkungan sekitar. Terutama kecerdasan kinestetis, naturalis, spasial dan kecerdasan logis berkembang ketika anak melakukan pengenalan lingkungan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (makan)

Mengajarkan kepada anak-anak selalu berdoa sebelum dan sesudah makan,  mengajarkan tentang keingintahuan anakakan sesuatu. menampilkan aktifitas anak melalui bernyanyi

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (kebersihan)

Anak-anak terbiasa berdoa sebelum masuk kamar mandi, anak-anak diajarkan membuat huruf dengan sikat gigi, dibiasakan mencuci tangan dengan sabun melaksanakan kegiatan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

LINGKUNGANKU (keluargaku)


Pada materi ini telah dituangkan bahwa guru dapat menjelaskan tentang siapa saja yang ada pada  keluarga, dan juga di jelaskan apa saja yang dapat dilakukan dirumah bersama keluarga. Anak juga dikenalkan dengan do’a sehari-hari ( doa untuk kedua orang tua) yang mana melalui do.a ini anak juga diajarkan tentang sang pencipta kita dan manusia juga termasuk ciptaan Allah SWT.

Anak diajak bernyanyi “ satu – satu “ agar tertanam pada diri mereka kasih sayang kepada keluarganya. Sehingga anak juga dapat bercerita tentang keluarganya masing-masing. Selain hal tersebut guru juga memberi motivasi kepada anak untuk melaksanakan tugas-tugas sederhana dirumah melalui video , termasuk tugas yang telah di siapkan guru untuk belajar daring seperti mengerjakan maze, mengelompokkan warna, mewarnai dan lainnya.



 

1.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (pakaian)

Alhamdulillah hirobbil alaamiin, segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat dan rahmat kepada kita sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Kebutuhan adalah segala hal/sesuatu yang diperlukan manusia untuk menjalani hidupnya dan untuk memberikan rasa kepuasan dan kenyamanan (Wikipedia). Macam-macam kebutuhan yaitu: makanan dan minuman, pakaian, tempat tinggal, kebersihan dan kesehatan serta rasa aman. Kebutuhan sangat penting bagi kehidupan manusia dan harus terpenuhi. Jika slah satu kebutuhan tidak terpenuhi maka kita tidak akan merasa puas dan tidak akan merasa nyaman. Contohnya jika kita tidak makan maka kita akan merasa lapar, jika kita tidak memakai pakaian maka akan terasa dingin dan banyak debu ataupun kotoran yang menempel pada tubuh kita dan sebagainya.

 

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh atau badan. Pakaian sangat berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya seperti gesekan kulit, cuaca dingin, hujan, terik matahari, gangguan serangga, kotoran, debu dan hal-hal lainnya. Macam-macam pakaian blus, jaket, kemeja, setelan, rok, mantel, gaun, rompi, kaos, gamis, seragam, celana pakaian adat pakaian profesi, aksesoris pakaian seperti masker topi, kaos kaki, selendang, kerudung dan lain lain.