Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Tahukah kamu berapa jarak planet bumi ke matahari? Berapa massa bumi, massa matahari, massa bulan dan lainnya? Kamu telah mempelajarinya dalam pelajaran IPA tentang Tata Surya, bukan? Bagaimana kamu menuliskan jarak tersebut dalam bentuk yang lebih sederhana? 

Dapatkah kamu melihat seekor bakteri dengan mata telanjang? Mengapa kamu tidak dapat melihatnya tanpa bantuan mikroskop? Berapakah ukuran panjang bakteri tersebut? Dapatkah kamu menuliskannya dalam bentuk yang lebih sederhana untuk ukuran yang sangat kecil tersebut?

Nah, masalah-masalah tersebut di atas dapat diselesaikan dengan konsep perpangkatan. Konsep perpangkatan dan kaitannya dengan bentuk akar akan kita pelajari dalam KD 3.1 ini.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Awal kemerdekaan 1945-1959. Pada awal kemerdekaan ini, penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Pengertian iman kepada hari akhir adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari pembalasan itu pasti akan terjadi atas kehendak Allah SWT. Hari akhir disebut juga hari kiamat, hari hancurnya alam semesta

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INDONESIA

Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang digunakan untuk menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada masyarakat atau lawan bicara untuk menyetujui atau mengubah pandangannya sesuai gagasan yang ditawarkan untuk melakukan tindakan secara sukarela.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INGGRIS

When we want to make delicious food, we need recipe because there are steps that can lead us in it. Recipe is an example of procedure text. When you buy a new TV or a new phone cell, there must be a book instruction in the box. Then, How to operate computer and When you want to download something from the internet.we need manual. It  is all of examples of procedure .there are steps before we do that. Those steps also procedure text. what is procedure text actually? Procedure text is a text that explains how people make or do something  step by step.  Communicative purpose of this text is to describe how something is made through a sequence of actions or steps. There are three generic structures in procedure text. The first is goals or purposes. The second is materials or tools. The third and the last are steps or methods. To know the text that we read is procedure or not is so simple. You can read the title if the title is started with ‘how to make…’ or ‘how to use…’ it can be certainly that the text is procedure text

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INGGRIS

Do you usually read information on packages of products that you consume? What kind of information can we find there? How important is this to read it before we take or eat or drink the product?

 All of the information is written in labels. Labels contain of detail information of products which help us to know what we need to know and avoid any bad things which possibly happens if we miss the information. We'll learn more about it in this chapter. Keep on reading!????

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INGGRIS

Sometime we want to share our experience or what we have done in the past that has related  today and ask someone what he/she has done in past that has been related today we express the question and statement in present perfect tense

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INGGRIS

When our friends are having a birthday, achieving a success  or in ajoyful situation, we should congratulate them. We can also give them good wishes and prayer to a good relationship. Congratulation is an  expression that is used to congratulate others for their fortune and achievement. The social function of congratulations is to congratulate someone for her fortune and achievement in order to  keep good personal relationship.  The expressions of hope and wish are used to convey our hopes or wishes to others.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INGGRIS

Do you know, that we are always deal with three kinds of time in life? They are our past, our present and our future. We sometimes are doing something in the past, and it continue to present and probably still in progress in the future. People can tell the actions or activities that is in progress now, at the moment of speaking by using Present Continuous Tense, at certain point of the past by using Past Continuous Tense and at certain point in the future by using Future Continuous Tense. In this chapter, we are going to learn about how to ask and giving information about the activity or action that still progressing. If you find sentence with “Be”(am, is, are, was, were) and followed by “verb + -ing” (studying, reading, etc),  it means that the sentence explain about the action in progress.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Persamaan kuadrat merupakan materi yang aplikatif  contoh penggunaan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menentukan waktu yang dibutuhkan agar bola menyentuh tanah

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 dapat diselesaikan menggunakan beberapa metode. Diantaranya adalah metode pemfaktoran, melengkapi kuadrat dan rumus ABC. Diantara beberapa cara tersebut, rumus abc merupakan cara yang unggul karena dapat digunakan untuk menemukan akar-akar dari berbagai bentuk persamaan kuadrat walaupun hasilnya tidak sebagai bilangan bulat.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Grafik dari sebuah fungsi kuadrat adalah berbentuk seperti parabola, sehingga secara umum lebih mudah mengatakan bahwa grafik fungsi kuadrat adalah grafik parabola.  Pembahasan mengenai parabola yang paling awal adalah pembahasan  mengenai  bagian kerucut oleh Menaechmus pada abad ke-4 SM. Dia menemukan cara untuk memecahkan masalah menggandakan kubus menggunakan parabola. (Namun, solusinya tidak memenuhi persyaratan konstruksi kompas-dansejajar.) Area yang dikelilingi oleh parabola dan segmen garis, yang disebut "segmen parabola", dihitung oleh Archimedes dengan metode kelelahan di abad ke-3 SM, dalam bukunya The Quadrature of the Parabolaa. Nama "parabola" adalah karena Apollonius, yang menemukan banyak properti bagian kerucut. Ini berarti "aplikasi", merujuk pada konsep "aplikasi area", yang memiliki hubungan dengan kurva ini, seperti yang telah dibuktikan oleh Apollonius. Properti fokus-directrix parabola dan bagian kerucut lainnya adalah karena Pappus.

Galileo menunjukkan bahwa jalur proyektil mengikuti parabola, konsekuensi dari percepatan seragam karena gravitasi.

Gagasan bahwa reflektor parabola dapat menghasilkan gambar sudah terkenal sebelum penemuan teleskop pemantul. Desain diusulkan pada awal hingga pertengahan abad ke-17 oleh banyak ahli matematika, termasuk René Descartes, Marin Mersenne, dan James Gregory. Ketika Isaac Newton membangun teleskop pemantul pertama pada tahun 1668, ia melewatkan menggunakan cermin parabola karena kesulitan fabrikasi, memilih untuk cermin bulat. Cermin parabola digunakan di sebagian besar teleskop refleksi modern dan di piring satelit dan penerima radar

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita jumpai persoalan atau perhitungan yang berkaitan dengan fungsi kuadrat. Nilai ekstrim (maksimum atau minimum) memiliki peran penting dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan fungsi kuadrat. Dalam kehidupan sehari-hari, nilai maksimum atau nilai minimum diungkapkan dengan menggunakan kata yang berbeda-beda

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Transformasi merupakan perubahan posisi (perpindahan) dari suatu  posisi awal A(x , y) ke posisi lain A’ (x’ , y’) Ada 4 macam transformasi geometri 1. Refleksi (Pencerminan) 2. Translasi (Pergeseran) 3.  Rotasi ( Perputaran ) 4.  Dilatasi

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Para ulama bersepakat bahwa hari akhir atau kiamat itu ada dua macam, yaitu kiamat sugro dan kiamat kubro.  Kiamat Sugra (kiamat kecil) yaitu terjadinya kerusakan atau kematian yang dialami oleh sebagian kecil manusia yang ada di dunia. Contoh: kamatian, sakit atau terkena bencana alam Kiamat Kubra (kiamat besar) yaitu terjadinya kematian dan kehancuran seluruh alam raya tanpa terkecuali 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INDONESIA

Setiap peristiwa sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari menarik untuk ditanggapi. Ananda sering mendapatkan informasi baru berkaitan dengan hal-hal yang terjadi di lingkungan sosial ananda, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Banyak peristiwa yang menarik untuk ananda tanggapi, misalnya peristiwa sosial, sebuah film maupun buku yang baca. Selain itu, ananda juga dapat mendengar informasi dari orang lain baik dari teman atau dari guru. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INDONESIA

Laporan adalah suatu bentuk tulisan hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada orang banyak. Lalu, apa yang dimaksud dengan laporan percobaan? Bagaimana struktur dan kebahasaan teks laporan percobaan?Percobaan dilakukan dengan cara melakukan pengamatan guna mengenali/mendeteksi hubungan sebab akibat gejalanya. Sesudah selesai melaksanakan suatu percobaan, kalian pasti harus melaporkan hasilnya ke dalam bentuk teks. Teks inilah yang dikenal sebagai teks laporan percobaan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Benua  Asia  merupakan  benua  terluas  di  permukaan  bumi.  Luasnya mencapai 44.000.000 km2  atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah  kali luas  Benua Eropa. Sebagian  besar  Benua  Asia  terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang berada di belahan bumi adalah beberapa Pulau termasuk Indonesia. 


Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Berdasarkan data World Population Data Sheet (WPDS), pada tahun 2005 jumlah Wawasan Hanya beberapa negara di Asia yang memiliki penduduk pendatang (orang asing) yang besar. Negaranegara tersebut adalah Hong Kong (39%), Makao (55%), Brunei (37%), Malaysia (8%), dan Singapura (39%). Negara-negara yang memiliki pertambahan penduduk usia tua atau lansia yang cepat seperti Jepang, China, dan Korea memiliki angka migrasi yang rendah

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Perubahan ruang dan interaksi antarruang dapat terjadi dalam berbagai lingkup atau skala. Dalam lingkup yang sempit, perubahan ruang dan  interaksi ruang dapat terjadi antara desa dengan kota, dan dalam skala luas dapat terjadi antarnegara dan benua. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Apa yang kalian ketahui tentang negara Jepang? Ya, negara ini merupakan salah satu negara industri yang produknya merambah ke berbagai belahan dunia. Setiap hari kita pasti melihat kendaraan bermotor produksi Jepang lalu lalang di jalan-jalan kita sampai ke pelosok negeri. Di manakah negara Jepang berada? Perhatikanlah peta negara Jepang? Untuk mengetahui lebih jauh tentang Jepang, bacalah buku paketm

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Amerika  Serikat  mendapat  julukan   “ Negeri Paman Sam “   yang   merupakan   satu-satunya   Negara  Adikuasa ( Super Power ). Amerika Serikat merupakan Negara Federasi yang terdiri atas 50 negara bagian, 48 negara bagian menjadi satu daratan dan 2 negara bagian terletak terpisah yaitu Hawai yang terletak di tengah Samudera Pasifik dan Alaska  terletak di barat laut Kanada. Ibu kota Amerika Serikat, Washington DC terletak di Negara bagian Virginia

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Inggris seringkali disebut dengan nama lain seperti Britania Raya, United Kingdom, dan England. Britania Raya atau disebut juga Great Britain merupakan gabungan beberapa negara yaitu Inggris/England, Skotlandia dan Wales. United Kingdom (Persatuan Kerajaan) merupakan gabungan dari tiga negara Britania Raya ditambah dengan Irlandia Utara. England merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Secara astronomis atau berdasarkan garis lintang, benua Australia terletak pada 1130 BT – 1550 BT dan 100 LS – 430 LS.. Dengan demikian, Benua Australia terletak pada belahan bumi selatan dan berdasarkan garis bujur ada di bagian timur bumi. Nama Australia sendiri berasal dari bahasa latin “Terra Australis” yang artinya daratan di bagian selatan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Mesir terletak di kawasan Afrika Utara, tepatnya di ujung timur laut Benua Afrika ( di tepi Laut Merah dan laut Mediterania ). Negara Mesir menjadi Republik sejak tanggal 18 Juni 1953. Presiden pertamanya adalah Jenderal Muhammad Naquib.  Pada tahun 1958, Negara Mesir pernah bergabung dengan Suriah, Irak, dengan nama Republik Persatuan Arab. Namun, persatuan ini akhirnya bubar dan masing-masing membentuk Negara sendiri-sendiri.  Mesir menjadi sangat ramai setelah dibukanya Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah. Fungsi utama terusan Suez adalah memperpendek jarak pelayaran dari Benua Asia ke Benua Eropa atau sebaliknya

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

“Kenapa sih bisa terjadi perubahan sosial budaya, gimana prosesnya?” Jadi, tentu ada prosesnya dan secara umum ada 3 proses yang membawa kepada perubahan sosial budaya. 

1. Akulturasi Akulturasi merupakan proses bertemunya dua budaya atau lebih dimana unsur-unsur budaya lama masih ada. Contoh : Sunan Kalijaga menggunakan budaya Wayang untuk mengajar keagamaan 

2. Asimilasi Asimilasi adalah proses bertemunya dua budaya atau lebih yang bercampur dan menghasilkan budaya yang baru. Tidak seperti Akulturasi yang masih ada unsur lamanya. Jadi bisa disimpulkan bahwa budaya yang lama pastinya hilang. Namun proses asimilasi ini berlangsung lama namun terus menerus. 

3. Difusi Merupakan proses penyebaran unsur budaya dari seseorang ke orang lain atau kelompok masyarat ke masyarakat lain. Prinsip yang pertama dari difusi adalah unsur-unsur kebudayaan itu pertama-tama akan diambil alih masyarakat yang paling dekat hubungannya atau letaknya paling dekat dari sumbernya. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Globalisasi bidang komunikasi merupakan semakin mudahnya orang di dunia dalam bertukar pesan dan melakukan komunikasi dengan orang-orang di berbagai penjuru dunia secara langsung dan dalam waktu cepat.  Globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya . Globalisasi merupakan hasil hubungan dan pertukaran perdagangan dan budaya secara besar-besaran, yang didorong oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang komunikasi.   

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - SENI BUDAYA

Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa dua dimensi. Melukis adalah kegiatan membentuk gambar dengan menggunakan pulpen, pensil, kuas dan sebagainya baik dengan warna maupun tidak

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - SENI BUDAYA

Ornamnetasi harmonis memiliki prinsi payng serupa dengan ornamentasi melodis. 
Ornamentasi melodis ditambahkan secara horizontal mengikut garis melodi. Sementara itu, 
ornamentasi harmonis ditambahkan secara vertical mengikuti garis harmoni. Ada beberapa 
metode ornamentasi harmonis, diantaranya ornamentasi akor dan ornamentasi ritmis

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - SENI BUDAYA

Bernyanyi merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi siapa saja yang sedang bahagia, sedih ataupun dalam keadaan yang tidak menentu, karena dengan bernyanyi, hati menjadi terwakilkan lewat alunan musik dan lirik lagu yang indah. Bernyanyi solo/ tunggal merupakan penampilan menyanyi perseorangan dengan iringan musik atau tanpa iringan musik

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - SENI BUDAYA

Pengertian tari kreasi adalah jenis tari yang koreografinya masih bertolak pada tari tradisional atau pengembangan dari pola- pola tari yang sudah ada. Terbentuknya tari kreasi karna dipengaruhi oleh gaya tari daerah lain atau negara lain maupun hasil kreatifitas penciptanya.  Contoh tari kreasi adalah tari gebyar trompong, tari oleg tambulilingan , tari manokrawa (bali), tari karonsi (jawa tengah) tari kipas, dan tari mainang pulau kampai

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - SENI BUDAYA

Tari kreasi mengalami perkembangan dari pola – pola tarian nusantara yang telah ada. Susunan tari kreasi tidak terikat pada pola gerak dan aturan yang berlaku. Koreografi dan teknik gerak tari kreasi dapat menyesuaikan pada keadaan yang saat ini sedang trend. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,DAN KESEHATAN

Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang mempertahankan / membela diri. Pada dasarnya, manusia mempunyai insting untuk selalu melindungi diri dan hidupnya. Keamanan dan perlindungan lebih banyak berada di tangan kita sendiri. Kita tidak bisa mengharapkan bantuan orang lain karena mereka juga dalam posisi yang sama. Jadi sebaiknya kita berusaha meningkatkan perlindungan pada diri kita sendiri. Berlatih beladiri itu penting, sebab kita bisa melawan orang yang berlaku jahat kepada kita. 
 
Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri traadisional yang berasal dari Indonesia. Istilah silat dikenal secara luas di Asia Tenggara, akan tetapi khusus di Indonesia istilah yang digunakan adalah pencak silat.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,DAN KESEHATAN

Latihan peningkatan Kebugaran Jasmani merupakan Kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian  (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,DAN KESEHATAN

Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola merupakan gabungan beberapa hal (gerak dasar) yang dilakukan dalam satu rangkaian gerak, dengan tujuan agar peserta didik dapat menendang, menahan, menggiring, dan menyundul bola. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,DAN KESEHATAN

 Aktivitas Pembelajaran (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Passing Bawah) 
• Aktivitas pembelajaran dilakukan secara perorangan.  
•  Passing bola ke atas tegak lurus, setelah bola turun lakukan pula passing bawah, dan setelah bola naik/melambung ke atas, lakukan lagi passing atas, lakukan gerakan ini secara berulang-ulang. 
• Tahap awal latihan lakukan pola latihan ini di tempat, kemudian setelah jalannya bola sudah lancar lakukan sambil bergerak majumundur ke samping kiri dan kanan. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,DAN KESEHATAN

 Aktivitas Pembelajaran 1 (Variasi dan Kombinasi Menggiring, Menembak, Melempar, dan Lay-Up Shoot dalam Formasi Berbanjar dan Sasaran Tembakan Ring Basket) 
• Permainan ini dilakukan di lapangan bola basket. 
• Permainan ini dapat dilakukan bersama-sama dengan temanmu. 
• Pemain 1 mengopernya pada pemain 2.  
• Kemudian pemain 2 menangkap, lalu melakukan seperti pemain 1. 
• Setelah melakukan tugas gerakan, lari menuju barisan belakang.  
• Gerakan tembakan (menggunakan dua atau satu tangan, dengan melompat atau tidak melompat). g) Gerakan lemparan (pantul, dada, dan atas kepala). 
• Lakukan permainan secara bergantian. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PRAKARYA

Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik dapat: 1. Mengidentifikasi jenis bahan dasar, bahan bantu, dan bahan kemasan terkait pengolahan hasil peternakan menjadi makanan  2. Mengidentifikasi jenis alat untuk pengolahan hasil peternakan menjadi makanan beserta kegunaannya  3. Menjelaskan teknik dan langkah-langkah pengolahan hasil peternakan menjadi makanan  4. Menjelaskan teknik pengemasan dan penyajian hasil peternakan dan perikanan menjadi makanan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PRAKARYA

Ikan Konsumsi adalah jenis-jenis ikan yang biasanya dikonsumsi sebagai pangan oleh manusia. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan berdasarkan habitat hidup dan juga berdasarkan upaya memperoleh ikan tersebut. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PRAKARYA

Pengertian Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Adalah tempat yang dijadikan untuk memperbanyak jenis ikan yang dipelihara dengan tujuan produkti ( dijual/dipasarkan ) untuk dibeli/dikonsumsi oleh ,masyarakat di berbagai daerah. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PRAKARYA

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik, yaitu muatan listrik positif dan negatif. Muatan listrik positif yang mengalir dari titik berpotensial tinggi ke titik berpotensial rendah disebut dengan arah arus listrik. Arus Listrik adalah mengalirnya elektron secara kontinyu pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PRAKARYA

Instalasi listrik rumah tinggal pun membutuhkan pengaman yang berfungsi untuk memutuskan rangkaian listrik apabila terjadi gangguan pada instalasi listrik rumah tinggal tersebut, seperti gangguan hubung singkat atau short circuit atau korsleting. Terdapat dua jenis pengaman listrik pada instalasi listrik rumah tinggal, yaitu: Pengaman lebur biasa atau biasa disebut sekering, alat pengaman ini bekerja memutuskan rangkaian listrik dengan cara meleburkan kawat yang ditempatkan pada suatu tabung apabila kawat tersebut dialairi arus listrik dengan ukuran tertentu. 

Pengaman listrik thermis, biasa disebut MCB dan merupakan alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas .

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PRAKARYA

Hasil perikanan dan peternakan dapat dibuat berbagai diversifi kasi bahan pangan setengah jadi seperti berbagai jenis bakso (bakso ikan, bakso daging, bakso ayam), nugget ikan, nugget ayam, bubuk agar-agar rumput laut, keju, mentega, kerupuk ikan, kerupuk udang, dan sebagainya. Bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan ini masih memerlukan proses atau tahapan pengolahan. Mengapa? Agar bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan 
perternakan ini memiliki kandungan gizi yang lebih bermanfaat dan aman bagi kesehatan tubuh, memiliki rasa yang menggoyang lidah, dan memiliki nilai estetika dengan kemasan yang menarik. Pada sub bab ini kita akan mengolah makanan dari bahan setengah jadi dendeng daging sapi dengan teknik digoreng dan dibakar/panggang. Kalian dapat membuat kreasi sendiri dari bahan setengah jadi “dendeng sapi” ini, tidak harus mengikuti contoh yang ada. Yaitu pembuatan dendeng sapi sambal ijo