Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
SD/MI

Penulis : TIM Penyusun Buku Mulok Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak

Kabupaten Siak memiliki tempat-tempat wisata yang sudah termashur di Indonesia bahkan di dunia.Tempat-tempat wisata itu ada berupa wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner.

Tulisan merupakan sebuah alat komunikasi manusia dari zaman dahulu sampai sekarang ini. Keberadaan tulisan Arab Melayu dalam masyarakat  Melayu sangat penting peranannya. Dengan tulisan Arab Melayu, mampu berkomunikasi meski memakan jarak yang cukup jauh. Tulisan Arab Melayu sebagai media penting untuk diajarkan disekolah-sekolah yang merupakan sebagai bahasa khazanah Melayu yang berfungsi salah satunya adalah alat untuk menyatakan kehendak, cipta dan rasa dalam meciptakan kebudayaan.

Buku ini mengajarkan peserta didik untuk belajar menulis dan membaca tulisan Arab Melayu.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Kepala Sekolah

Penulis : Elpiandis, S.Pd., M.Pd

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi profesional. Untuk mendapatkan predikat “Guru Profesional” banyak faktor yang mempengaruhi. Disebuat guru profesional jika mempunyai kemampuan secara luas dan mendalam terhadap penguasaan materi pembelajaran yang diampunya.

Guru profesional harus cerdas secara emosional. Selain itu, diharapkan memiliki sikap inovatif dalam menjunjung profesinya. Akhirnya akan berpengaruh terhadap Kompetensi Profesional Guru.

Banyak penelitian memberikan gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi profesional guru. Dalam buku ini, penulis akan memberikan penjelasan sejauh mana pengaruh kecerdasan emosional dan sikap inovatif guru terhadap Predikat “Guru Profesional”.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Kepala Sekolah

Penulis : Parji, M.Pd

Buku ini mengisahkan    pengalaman pribadi pengarang. Perjalanan hidup    dari masa kecil, masa pendidikan, masa remaja hingga perjalanan karirnya. Proses yang cukup panjang menghiasi lika‐liku kehidupan yang tidak selamanya berjalan mulus. 

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Kepala Sekolah

Penulis : Nurjamliah, S.Pd., M.Pd

Entah mengapa setiap melihat dokumentasi kegiatan regu Elang dan Sakura muncul rasa haru dan bangga. Terkenang akan perjuangan mereka diajang kompetisi Lomba Tingkat 1 sampai Lomba Tingkat V. Mereka yang sudah mengukir prestasi dan mengharumkan Negeri Siak Selain itu kekompakan dan kerendahan hati sebagai ciri khas regu tersebut, Kak Julidar,S.Pd. merupakan sosok pembina yang sangat mendukung dan penuh motivasi bagi kemajuan dan kesuksesan di setiap ajang lomba. Mereka merupakan salah satu regu penggalang yang berasal dari Gudep 04.039 dan 04.040 Pangkalan SMP Negeri 1 Tualang Kwaran Tualang Kwarcab Siak. Bagaiman perjuangan mereka dalam meraih mimpi menjadi yang terbaik bukan hal yang mudah, suka dan duka mereka lalui, berbagai kendala mereka rasakan, mereka tetap maju tanpa mengenal lelah, tidak ada kata menyerah. Kegigihan dan perjuangan mereka akhirnya membuahkan hasil, perjuangan yang tidak sia-sia. 

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Kepala Sekolah

Penulis : Parji, M.Pd

Proses pembelajaran pada hakikatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Namun, dalam pelaksanaannya seringkali tidak sadar, bahwa masih banyak kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan justru menghambat aktivitas dan kreatif peserta didik.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis : Sri Rahayu Ningsih, S. Pd

Pengembangan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri. Upaya dalam mengembangkan potensi diri tersebut dapat dilakukan melalui gerakan pramuka. Kepramukaan ini memiliki peranan yang besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda yang berkarakter, berkebangsaan dan berkecakapan. Kelak mereka dapat menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan zaman.

Terciptanya generasi muda yang handal tidak terlepas dari peran seorang pembina pramuka. Bergerak dengan hati nurani yang sehari-hari bergelut dengan dunia kepramukaan. Ialah seorang anggota dewasa yang bertugas merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di tingkat gugusdepan. Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka maka kini keberadaannya semakin diakui.

Buku ini menceritakan pengalaman pembina pramuka dalam membimbing peserta didik dan mengelola gugusdepan melalui kegiatan ektrakurikuler pramuka. Serta menggambarkan keadaan nyata tentang perkembangan gerakan pramuka di daerahnya seiring dengan perkembangan jumlah anggota pramuka dan kegiatan yang semakin berkembang.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis : Heflita, S.Pd

Salah satu yang diharapkan dari kurikulum 2013 adalah Pembelajaran yang Aktif, Inonatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Buku ini penulis buat untuk saling berbagi dengan teman-teman sesama guru tentang apa yang harus guru lakukan untuk menciptakan suasana belajar agar lebih menyenangkan bagi peserta didik. Buku ini sangat baik bagi guruguru pemula yang belum berpengalaman dalam pembelajaran sebagai referensi. 

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis : Supino, S.Pd

Buku ini berisi Kumpulan Puisi. Kumpulan puisi ini terinspirasi dari perjalanan dan cerita hidup penulis dalam mencari dan menemukan cinta. Cinta kepada perempuan, cinta kepada keluarga, cinta kepada sesama dan cinta kepada pekerjaannya.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis : Sukatmi, S.Pd 

Buku “Oase Hati” menggambarkan suasana hati seorang guru yang dirangkai dalam bentuk puisi. Kegelisahan dan semangat bercampur dalam suasana hati sehingga melahirkan motivasi dan karya.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Irdaleni, S.Pd

Buku ini berisi kumpulan‐kumpulan cerita pendek yang diambil dari penggalan‐penggalan kisah hidup anak manusia. Yang mungkin kisah-kisahnya sedang kita alami saat ini. Semoga dengan membaca buku ini pembaca dapat mengambil hikmahnya.


Salman Tanjung, M.Pd

Pengintegrasian cerita cerita berbasis budaya lokal dan cerita rakyat ke dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sungguh penting. Hal ini dilakukan dalam upaya penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam budaya lokal dan juga sekaligus untuk meminimalisir pengaruh negatif budaya luar khususnya budaya barat yang dibawa oleh globalisasi. Globalisasi tidak dapat terhindarkan, tapi harus diantisipasi dengan pembangunan budaya yang berkarakter, penguatan jati diri yang berkearifan lokal yang dijadikan sebagai dasar pijakan dalam penyusunan strategi dalam pelestarian dan pengembangan budaya. Upaya memperkuat jatidiri daerah dapat dilakukan melalui penanaman nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah. Pemanfaatan cerita rakyat yang ada di daerah setempat dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat mengarah pada pembelajaran yang bermakna, bernilai, dan kontekstual (Tanjung, 2017: 5).

Masuknya cerita rakyat yang merupakan bagian dari cerita lisan dalam pembelajaran sekolah dasar, selain membawa misi pelestarian juga pengembangan. Pembelajaran sastra melalui cerita rakyat merupakan salah satu alternatif yang dapat dijadikan bahan ajar dan membantu untuk mengenal kearifan lokal budaya setempat.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis : Heflita, S.Pd

Saya bersukur pada Allah atas nikmat ilmu yang diberikan, karena dengan ilmu, saya bisa ke Jakarta tanpa biaya sendiri. Karena ilmu saya bisa pergi ke taman rekreasi yang terkenal di Jakarta tanpa harus mengeluarkan duit, sebagaimana firman Allah, ”Nikmat Allah mana lagi yang engkau dustakan?” 

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis : Heflita, S.Pd

Bukan katun sembarang katun

Katun dibuat menjadi batik

Bukan pantun sembarang pantun

Pantun berisi pelajaran tematik

Buku “Pantun Tematik“ (pendamping pendidikan karakter untuk sekolah dasar) yang ditulis oleh Heflita, S.Pd ini layak untuk dibaca dan dimiliki, karena membawa inovasi baru dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD). Penulis menggunakan pantun sebagai salah satu cara menyampaikan materi pembelajaran. Cara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi peserta didik. 

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Guru

Penulis: Safarida

Satu dasawarsa perjalanan bahtera kita

Tak banyak yang tau tentang suka duka kita

Teruslah bersabar membersamaiku

Duhai kekasihku

Hingga napas berpisah dari jasad

Hari ini, sepuluh tahun berlayar bahtera kita

Bersamamu membuatku ingin terus belajar

Bukan untuk membuat persamaan

Namun, belajar mengharmonikan perbedaan.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Peserta Didik

Kepemimpinan merupakan sebuah proses dalam mempengaruhi kegiatan-kegiatan seseorang atau kelompok dalam usahanya mencapai tujuan di dalam suatu situasi tertentu. -Wahyusumidjo (1994:18-19)

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - MATEMATIKA

Tahukah kamu berapa jarak planet bumi ke matahari? Berapa massa bumi, massa matahari, massa bulan dan lainnya? Kamu telah mempelajarinya dalam pelajaran IPA tentang Tata Surya, bukan? Bagaimana kamu menuliskan jarak tersebut dalam bentuk yang lebih sederhana? 

Dapatkah kamu melihat seekor bakteri dengan mata telanjang? Mengapa kamu tidak dapat melihatnya tanpa bantuan mikroskop? Berapakah ukuran panjang bakteri tersebut? Dapatkah kamu menuliskannya dalam bentuk yang lebih sederhana untuk ukuran yang sangat kecil tersebut?

Nah, masalah-masalah tersebut di atas dapat diselesaikan dengan konsep perpangkatan. Konsep perpangkatan dan kaitannya dengan bentuk akar akan kita pelajari dalam KD 3.1 ini.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - MATEMATIKA

Jika kita melihat denah peta perumahan, kita akan melihat rumah sudah diatur sedemikian rupa tampak tertata rapi dan dengan jalan yang tersambung satu dengan lainnya seperti garis vertikal dan garis horizontal.  Tentu semuanya itu mempunyai maksud dan tujuan agar lahan yang ada dapat dimanfaatkan dengan seefisien mungkin dan semua rumah dapat melihat akses jalan yang cukup memadai. Jika kita cermati, peta perumahan tersebut menunjukkan bahwa setiap rumah memiliki posisi yang berbeda-beda terhadap titik tertentu yang biasanya disebut sistem koordinat. Agar siswa lebih mengerti tentang sistem koordinat tersebut, ayo kita pelajari sistem koordinat dengan baik.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - MATEMATIKA

Kalau kita perhatikan sekelompok siswa yang sedang belajar di kelas, setiap siswa menempati kursinya masing-masing. Tidak ada seorang siswa menempati lebih dari satu kursi. Dengan demikian, ada keterkaitan antara siswa dengan kursi yang ditempati. Manurut kalian, apakah hal ini termasuk relasi atau mungkin sudah merupakan fungsi?

Kalian akan mengetahui keterkaitan antara siswa dengan kursi yang ditempati apabila kalian mempelajari konsep relasi dan fungsi ini, karena pada konsep relasi dan fungsi ini akan disajikan tentang hubungan antara 2 himpunan .

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Awal kemerdekaan 1945-1959. Pada awal kemerdekaan ini, penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - MATEMATIKA

Sejarah mencatat bahwa permulaan munculnya bilangan (Matematika) berasal dari bangsa yang bermukim sepanjang aliran sungai, seperti

Bangsa Mesir di Sungai Nil, Bangsa Babilonia Sungai Tigris dan Eufrat, Bangsa Hindu di Sungai Indus dan Gangga, serta Bangsa Cina di Sungai

Huang Ho dan Yang Tze. Bangsa-bangsa itu memerlukan matematika, khususnya bilangan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari seperti:

perhitungan perdagangan, penanggalan, perhitungan perubahan musim, pengukuran luas tanah, dan lain-lain. Pada perkembangan peradaban,

matematika diperlukan dalam kegiatan perdagangan, keuangan dan pemungutan pajak. Sistem bilangan yang digunakan olah bangsa-bangsa

jaman dahulu bermacam-macam hingga akhirnya berkembang menjadi bilangan yang sekarang kita gunakan, yaitu sistem bilangan Hindu-Arab.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, ilmu pengetahuan mengalami kemajuan yang sangat berarti. Adapun perkembangan ilmu pengetahuan pada masa ini dapat dikelompokkan sebagai berikut :

a. Ilmu kimia

b. Kedokteran

c. Sejarah

d. Bahasa dan sastra

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Dalam kehidupan sehari-hari, sudah tentu kalian pernah bertemu dengan orang yang rendah hati. Entah di lingkungan tempat tinggal, di sekolah, maupun di tempat lain. Orang yang rendah hati bisa dirasakan dari cara dia berbicara, bersikap, dan berpendirian. Bagaimana perasaanmu ketika bertemu dengan orang yang demikian? Tentu kita merasa nyaman dan senang. Demikian juga ketika kita bisa menghiasi diri dengan perilaku mulia ini, tentu orang-orang di sekeliling kita akan merasa nyaman berada dan bertemu dengan kita.

Rasululullah merupakan tauladan yang rendah hati, baik terhadap keluarga, para sahabat, bahkan kepada orang yang memusuhi beliau. Setali tiga uang dengan rendah hati, hemat dan sederhana merupakan akhlaq mulia yang juga telah diajarkan dan dicontohkan Rasulullah.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INGGRIS

Expressions of ability is to express ability or we are able to do something. It is a transactional text that used to relate to other people. The communicative purpose of stating ability is to express someone's ability or disability. To express abilities or disabilities in English, we can use modal auxiliary "can, could" or "be able to".

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INGGRIS

When we say something to someone, in English, for example giving information, explanations, stories or other, then we want the person we are talking to pay attention to what we will convey. In this case we can use questions or expressions to ask the attention of listeners to pay more attention to what we convey.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


Konflik secara umum dipahami sebagai kondisi dalam kehidupan sosial masyarakat yang mengacu pada adanya perbedaan kepentingan, perbedaan keinginan dan perbedaan pendapat.

Menurutmu apakah ada individu atau sekelompok masyarakat yang sama sekali tidak pernah mengalami konflik?

Lalu apakah konflik harus dihindari? Ikuti pembelajaran berikut.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INGGRIS

When you want to invite someone to join you to a certain activity, there are several requirements to be fulfilled for instance; how to open a conversation, what expression should be applied, how to pronounce certain words and the most appropriate expression that can be used whether to accept or to refuse the invitation. You can learn all of them from this package.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - BAHASA INDONESIA

Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di sekolah. Maka mata pelajaran ini kemudian diberikan sejak masih di bangku SD karena dari situ diharapkan siswa mampu menguasai, memahami dan dapat mengimplementasikan keterampilan berbahasa. Seperti membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal tersebut dilakukan baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - BAHASA INDONESIA

Pernahkah ananda menemukan sebuah teks yang menjelaskan mengenai sebuah informasi lengkap yang terkait dengan topik yang dibahas pada teks tersebut, kemungkinan besar itu merupakan sebuah teks deskripsi. Karena teks deskripsi ini memiliki ciri-ciri dari teks ini sangat menonjol.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - SENI BUDAYA

Menggambar tidak hanya mengandalkan imajinasi tetapi juga memerlukan objek. Alam  menyediakan banyak  objek-objek yang dapat dijadikan inspirasi menggambar seperti objek flora, fauna dan alam benda. Selain itu, menggambar juga harus memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur yang tepat dalam menggambar agar hasil dari karyanya dapat terlihat indah dan menarik. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INDONESIA

Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah yang didengar dan dibaca.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INDONESIA

Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Pengertian iman kepada hari akhir adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari pembalasan itu pasti akan terjadi atas kehendak Allah SWT. Hari akhir disebut juga hari kiamat, hari hancurnya alam semesta

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Kejujuran dan keadilan merupakan dua sifat mulia yang harus dimiliki setiap mukmin. Keduanya harus ditanamkan dan dibiasakan sejak usia dini. Di rumah, di sekolah dan di manapun harus terbiasa berperilaku jujur dan adil. Apalagi kalian generasi muda muslim yang akan menjadi pemimpin pada masa yang akan datang. Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang jujur dan adil. Oleh karena itu kalian harus memegang teguh kedua perilaku mulia tersebut.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INDONESIA

Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang digunakan untuk menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada masyarakat atau lawan bicara untuk menyetujui atau mengubah pandangannya sesuai gagasan yang ditawarkan untuk melakukan tindakan secara sukarela.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Beriman kepada Rasul Allah mengandung maksud meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus para Rasul-Nya untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya. Para Rasul bertugas menyampaikan wahyu dari Allah untuk memberikan petunjuk bagi umat manusia ke jalan yang lurus sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Oleh sebab itu, kita wajib mempercayai dengan sepenuh hati terhadap keRasulan para utusan Allah.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - BAHASA INGGRIS

When we look in our surrounding, at home, at school, at the farm,  in the garden, in the yard, or on vacation. We discover different kind of animals and we will be suprised by how many animals are around. To know more about the animals, we will identify the animals around, so we can tell their numbers and say their names.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - MATEMATIKA

Ketika kita naik mobil, sepeda atau jenis kendaraan lainnya, pastilah pernah melewati jalan yang mendatar, jalan yang turun, dan jalan yang naik. Jalan yang nail atau turun biasanya memiliki kemiringan tertentu yang sudah diperhitungkan tingkat kemiringannya. Jalan yang menanjak juga memiliki kemiringan. Jika terlalu curam, kendaraan akan mengalami kesulitan untuk melintasinya. 

Selain jalan, dalam kehidupan sehari-hari banyak benda-benda yang harus dihitung tingkat kemiringannya. Misalnya tangga yang berada gedung bertingkat sudah diperhitungkan dengan cermat dan teliti tingkat kemiringannya sehingga aman dan nyaman untuk manusia. Seorang arsitek merancang tangga dan jalan titian dengan memperhatikan kemiringan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna. Tempat parkir pun demikian. Jika tempat parkir terlalu miring, tidak aman bagi pengendara mmaupun mobil.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Diri Sendiri, Sub Tema Tubuhku”.

Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus,Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Indra atau indria merupakan alat penghubung/kontak antara jiwa dalam wujud kesadaran rohani diri dengan material lingkungan. Dalam ajaran Hindu indria ada sebelas macam dan disebut sebagai eka dasa indriya.

Lima macam indra berfungsi sebagai alat sensor dalam bahasa Sanskerta disebut panca budi indriya dan dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai panca indra yaitu: alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu untuk merasakan (kulit/indra peraba).

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Kebersihan adalah suatu keadaan dimana tak ada sampah yang berserakan di mana-mana. Kebersihan sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan kebersiahanlah yang akan menjaga kita dari ancaman-ancaman penyakit yang datang

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 9 - BAHASA INGGRIS

When we want to make delicious food, we need recipe because there are steps that can lead us in it. Recipe is an example of procedure text. When you buy a new TV or a new phone cell, there must be a book instruction in the box. Then, How to operate computer and When you want to download something from the internet.we need manual. It  is all of examples of procedure .there are steps before we do that. Those steps also procedure text. what is procedure text actually? Procedure text is a text that explains how people make or do something  step by step.  Communicative purpose of this text is to describe how something is made through a sequence of actions or steps. There are three generic structures in procedure text. The first is goals or purposes. The second is materials or tools. The third and the last are steps or methods. To know the text that we read is procedure or not is so simple. You can read the title if the title is started with ‘how to make…’ or ‘how to use…’ it can be certainly that the text is procedure text

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kita sebagai makhluk hidup bernafas dengan menghirup oksigen yang terdapat di udara. Oksigen ini dibuat di dalam tumbuhan dan dikeluarkan olehnya. Masih ingatkah Ananda dengan kejadian kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Kalimantan? Betapa manusia dan hewan sangat tidak nyaman bernafas dan beraktivitas. Itulah sebabnya mengapa tumbuhan sangat penting bagi kita.

Terdiri dari jaringan apa saja tumbuhan itu? Bagaimana struktur dan fungsinya? Kita akan bersama-sama belajar tentang Struktur Jaringan Tumbuhan di Kompetensi Dasar 3.4 ini.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
KB UMUR 3-4 TAHUN - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Anak Belajar di rumah dengan didampingi orang tua mengenalkan tentang Keluargaku misal
1. Keluargaku di rumah ada siapa saja, bunda menanyakan kepada anak
2. anak akan menyebutkan anggota keluarga dengan menyebutkan namanya masing-masing
3. bunda menanyakan ada berapa semua jumlah anggota keluarga, anak akan menyebutkan jumlahnya
4. kemudian bunda bisa meminta anak menuliskan jumlah angkanya
5. anak bisa menulis nama-nama anggota keluarganya kemudian sebutkan huruf-huruf yang menyusunnya

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - ILMU PENGETAHUAN ALAM

Tahukah kamu bahwa untuk melakukan suatu aktivitas tubuh kita memerlukan energi. Dapatkah kamu beraktivitas tanpa ada energi ? tentu tidak bukan ? Menurutmu, adakah energi lain selain energi yang dimiliki tubuhmu ?

Berbicara tentang usaha, mungkin kamu sering melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Apakah mendorong tembok termasuk usaha ? mengangkat meja termasuk usaha ? Dapatkah kamu mendeskripsikan usaha ?

Dalam melakukan suatu pekerjaan tentunya kita selalu mencari peralatan yang dapat memudahkan pekerjaan kita sehingga energi yang dikeluarkan lebih sedikit. Tanpa kita sadari banyak peralatan lainnya yang memiliki prinsip kerja yang sama. Dapatkah kamu memberi tau peralatan tersebut ? Bagaimanakah keberadaan alat tersebut ? apakah sulit ditemukan atau ada disekitar kita saat ini ?

Permasalahan di atas dapat ditemukan solusi nya dengan mempelajari materi Usaha dan Pesawat Sederhana yang akan kita pelajari pada KD 3.3 ini.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INDONESIA

Sebagai siswa kalian harus rajin membaca iklan, slogan, dan poster. Dengan membaca iklan, slogan, dan poster kalian akan memperoleh informasi yang sangat bermanfaat, di samping itu jika kalian mempunyai usaha bisa mempromosikannya melalui iklan.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Pada awal pembelajaran, si kecil akan diajak mengenal lebih jauh tentang diri sendiri dan anggota keluarga. Si kecil akan lebih memahami tentang berbagai peran, serta sikap dan kebiasaan baik di dalam keluarga. Belajar dan mengenali tentang anggota tubuh seperti kepala, pundak,  lutut, kaki… Si kecil akan mengenal lebih banyak tentang anggota tubuh dan berbagai fungsinya yang mengagumkan. Di rumah, Anda bisa mengajaknya belajar dengan aktivitas menarik seperti mencari gambar dan mewarnai.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

KEBUTUHANKU

Anak-anak diajarkan pembiasan adab berdoa sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta menanamkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan juga berdoa sesudah belajar

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 8 - BAHASA INGGRIS

Quantifiers are adjectives  or adjectival phrases that describe  "how "much" (uncountable) or "how many" (countable) of a given noun there is. Same quantifiers can only go with countable (precise quantity) nouns, while others can only modify uncountable (imprecise quantity) nouns. A few quantifiers can modify both.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (KESEHATAN)

1.        Secara umum, memelihara kesehatan anak bertujuan agar tidak terjadi penyakit yang dapat mengganggu belajar serta kecerdasan anak adalah dengan a) menjaga kebersihan diri anak dan lingkungannya, b) imunisasi tepat waktu, c) menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Perawatan kesehatan pada anak usia dini dapat diawali dari pemberian makanan yang sehat dan menjaga kebersihan. Pemberian makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan, mendidik anak sejak usia dini untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

KEBUTUHANKU (MINUM)

Mengajarkan kepada anak-anak miuman tradisional Indonesia seperti jamu serta membiasakan kepada anak-anak membaca doa sebelum dan seudah minum serta melatih  fisik motorik halus

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
KB UMUR 3-4 TAHUN - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Keluargaku tinggal di pinggiran kota yang jauh dari kebisingan jalan raya. Di sekitar tempat tinggalku masih banyak terdapat lahan kosong dan beberapa petak sawah. Lahan kosong digunakan untuk lapangan sepakbola dan taman. Karena masih beberapa sawah, air selalu mengalir di selokan.

      Di lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja. Rumah-rumah yang ada sudah tua tetapi masih terawat dengan baik. Sebagian penghuninya adalah para pensiunan dan petani yang hidup sendiri tanpa anak-anaknya. Keluargaku menempati rumah peninggalan kakek, sehingga kami pun merawat rumah tua kakek yang masih kokoh berdiri.

      Setiap sore banyak anak-anak dari kampung lain yang bermain layangan di lapangan sepakbola. Aku juga ikut bermain sambil menikmati angin sore yang membawa terbang layanganku. Aku berteman dan bermain bersama mereka meski berbeda kampung. Lapangan sepakbola ini hanyalah satu-satunya tempat bermain kami karena lahan lainnya telah dipenuhi rumah

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Bahkan keberadaan deskripsi diri ini menjadi syarat yang tidak boleh terlewatkan.
Tidak banyak yang mengetahui bagaimana membuat deskripsi diri, meskipun seseorang pasti tahu apa dan bagaimana mereka dalam kehidupan sehari hari tapi bukan berarti itu akan membuat mereka tahu.

Desikripsi diri ini biasanya di guanakan di berbagai macam situasi seperti deskripsi diri untuk melamar pekerjaan, mahasiswa baru, serdos, sampai dengan deskrispi diri ini juga bisa di gunakan untuk pekerja sosial ataupun untuk tugas sekolah. Tidak banyak yang mengetahui bagaimana membuat deskripsi diri, meskipun seseorang pasti tahu apa dan bagaimana mereka dalam kehidupan sehari hari tapi bukan berarti itu akan membuat mereka tahu.

GTK
Disdikbud Kab.Siak
MBS

Tanoto Foundation melalui Program PINTAR mengembangkan kepemimpinan sekolah dan manajemen sekolah yang lebih partisipatif, akuntabel, dan berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran. Kepala sekolah diharapkan menjadi pemimpin dalam pembelajaran misalnya melalui supervisi (kunjungan kelas dan pendampingan kepada guru). Pada aspek manajemen sekolah, orang tua dan masyarakat juga terlibat aktif dalam mendukung keberhasilan pembelajaran aktif.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
SD/MI

Penulis : TIM Penyusun Buku Mulok Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak

Pantun sudah menjadi identitas jati diri masyarakat Melayu. Kata-kata yang dirangkai tak hanya indah untuk didengar, akan tetapi juga penuh dengan makna. Pantun terus berkembang dan diwariskan secara turun temurun. Bagi masyarakat Melayu pantun tak pernah meredup dan kehilangan bunyi. Rangkaian-rangkaian kata indah itu harus tetap kita digalakan melalui materi ajar di sekolah-sekolah.

Selain pantun, masyarakat Melayu kaya akan warisan yang perlu dijaga secara turun temurun oleh masyarakat Melayu, yaitu masakan dan minuman. Beberapa makanan dan minuman tersebut di antaranya bubur sum sum, buah melako, roti jalo dan roti canai, air selasih, laksamana mengamuk dan air mata pengantin.

Buku ini, mencoba untuk mengulas pantun, makanan khas serta permainan daerah yang didalamnya mengajarkan nilai-nilai ketekunan, ketelitian, kerja keras, tenggang rasa, kejujuran, dan sportifitas. Lagu daerah dan seni juga ada didalamnya.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
SD/MI

Penulis : TIM Penyusun Buku Mulok Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak

Keanekaragaman budaya di Indonesia memiliki berbagai kebudayaan suku bangsa yang ada di masing masing daerah. Kebudayaan daerah dapat berupa tarian, ornamen, motif kain, ritual, alat musik, cerita rakyat, musik dan lagu, seni pertunjukan, arsitektur, pakaian tradisional, permainan tradisional, senjata dan alat perang, prasasti dan naskah kuno, tata cara pengobatan termasuk makanan dan minuman.

Adat dan kebudayaan melayu mengatur tingkah laku dan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal dan berasal dari daerah ini. Saat upacara adat seperti upacara pelantikan, upacara penobatan raja, upacara penerimaan anugerah, upacara penyambutan tamu, dan lain sebagainya, masyarakat Melayu menggunakan jenis pakaian adat yang berbeda.

Melalui buku ini, mari kita berusaha untuk tetap menjaga adat istiadat serta  dapat mempertahankan dan melestarikan kebudayaan Melayu. Jangan sampai budaya Melayu hilang dan tergerus oleh arus globalisasi.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
SD/MI

Penulis : TIM Penyusun Buku Mulok Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak

Kebudayaan mencerminkan ciri khas dari kehidupan suatu bangsa. Budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis dari pendahulunya. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk adat istiadat, seni, perkakas, pakaian, karya seni, serta bahasa dan sastra.

 Pemahaman terhadap suatu budaya khususnya Budaya Melayu Siak perlu dilestarikan agar tidak hilang ditelan jaman. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, itu membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Buku ini mengupas budaya melayu khususnya di Siak untuk bisa dipelajari oleh anak-anak di Siak.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Kepala Sekolah

Penulis : Parji, M.Pd

Buku ini menyajikan berbagai macam pertanyaan yang dikemas dengan tebak kata teka‐teki silang dan materinya disesuaikan dengan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Peserta Didik

Kepemimpinan adalah Seni dan Kecakapan dalam mpengaruhi membimbing org bawahan, sehingga pihak yg dipimpin (bawahan) timbul KEMAUAN, KEPERCAYAAN, RASA HORMAT & KETAATAN dan diperlukan dlm penunaian tugas-tugas yang diberikan padanya.

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Peserta Didik

Diinspirasikanolehyang bervisi • Dimilikiolehyang berkeyakinanmendalam • Dilaksanakanolehyang ikhlas • Dimulai olehyang cerdas • Dimenangkanolehyang berani • Diraih olehyang sehatdankuat • Digerakkanolehyang bermotivasi • Diraih denganperencanaanyang matang • Dihasilkanolehkerjsamatim • Dilalui dengankerjatuntas

Non-formal
Disdikbud Kab.Siak
Peserta Didik

INDENTITAS > JANGAN MEMBANDINGKAN > HAVE OWN UNIQUENESS > BANGGA DENGAN IDE SENDIRI > BANGGA DENGAN IDE > JANGAN KALAH SEBELUM BERTANDING

GTK
Disdikbud Kab.Siak
BUKU K13

Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020, Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi guru termasuk mereka yang bekerja di satuan PAUD. Untuk dunia pendidikan di Indonesia kondisi ini merupakan hal yang tak terduga bagi guru, orang tua, dan anak. Guru, orang tua, dan anak-anak tiba-tiba harus mencari cara agar proses belajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dalam jangka waktu yang tidak tentu.

GTK
Disdikbud Kab.Siak
BUKU K13

Pengasuhan merupakan proses interaksi antara orang tua dan anak dalam mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektual, dan spiritual (Wong: 2001), sehingga anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas, mandiri, sehat, berbudi pekerti yang luhur dan berakhlak mulia.


Penilaian merupakan proses pengukuran hasil kegiatan belajar anak. Pengukuran dilakukan berdasarkan hasil pengamatan perilaku dan karya yang dibuat anak. Pengamatan yang dilakukan harus bersifat otentik yaitu sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Penilaian hasil kegiatan belajar anak harus terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

LINGKUNGANKU (rumah)

Anak-anak diajarkan bersyukur kepada Allah SWT mengucapkan Alhamdulillah memiliki rumah, mewarnai rumah dengan kunyit dan Pensil

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
KB UMUR 3-4 TAHUN - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Atau Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
KB UMUR 3-4 TAHUN - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Kebutuhan manusia merupakan hal-hal yang diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup, juga halhal yang diingini manusia untuk memenuhi kepuasan jasmani dan rohaninya. Kebutuhan hidup merupakan pemenuhan yang diperlukan agar manusia merasa nyaman dan sejahtera.

Manusia disebut sejahtera ketika sebagian besar kebutuhannya bisa terpenuhi. Namun sejahtera berbeda dengan kaya. Kekayaan mengacu pada jumlah harta yang dimiliki seseorang. Seseorang tidak harus kaya untuk bisa merasa hidup sejahtera, dan orang kaya juga belum tentu merasa hidupnya sejahtera.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
KB UMUR 3-4 TAHUN - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Setiap manusia yang ada di bumi pasti memiliki berbagai kebutuhan untuk keberlangsungan hidupnya, mulai dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
KB UMUR 3-4 TAHUN - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Diri sendiri boleh jadi adalah orang pertama yang kita kenali sebelum kita mengenal orang lain. Tapi, seberapa dalam kita memahaminya, acapkali menjadi misteri yang tak kunjung terpecahkan. Padahal, memiliki pemahaman mendalam tentang diri sendiri merupakan hal yang vital untuk apa pun yang kita kerjakan. Baik untuk kebaikan diri, untuk membangun hubungan yang lebih baik, juga untuk menciptakan hidup yang berarti dan memuaskan.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Kebutuhan pada dasarnya berasal dari kata “butuh” yang artinya perlu, penting, dan juga ketergantungan. Jika diartikan dari dasar katanya, maka arti kata kebutuhan adalah setiap hal yang diperlukan orang lain dalam sebuah kegiatan tertentu.

Menurut beberapa ahli sendiri, pengertian kebutuhan adalah setiap hal yang timbul secara naluriah, yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup dan menjalankan berbagai macam aktivitas.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Kesan umum luas dan megahnya alam semesta diperoleh penghuni Bumi dengan memandang langit malam yang cerah tanpa cahaya Bulan. Langit tampak penuh taburan bintang yang seolah tak terhitung jumlah-nya. Struktur dan luas alam semesta sangat sukar dibayangkan manusia, dan progres persepsi dan rasionalitas manusia tentang itu memerlukan waktu berabad-abad.

Deskripsi pemandangan alam semesta pun beragam. Dulu alam semesta dimodelkan sebagai ruang berukuran jauh lebih kecil dari realitas seharusnya. Ukuran diameter Bumi (12.500 km) baru diketahui pada abad ke- 3 (oleh Eratosthenes), jarak ke Bulan (384.400 km) abad ke-16 ( Tycho Brahe, 1588), jarak ke Matahari (sekitar 150 juta km) abad ke-17 (Cassini, 1672), jarak bintang 61 Cygni abad ke-19 , jarak ke pusat Galaksi abad ke-20 (Shapley, 1918), jarak ke galaksi-luar (1929), Quasar dan Big Bang (1965). Perjalanan panjang ini terus berlanjut antargenerasi.

Benda langit yang terdekat dengan bumi adalah bulan. Gaya gravitasi bulan menggerakkan pasang surut air laut di bumi, tak henti-hentinya selama bermiliar tahun. Karena periode orbit dan rotasi Bulan sama, manusia di Bumi tak pernah bisa melihat salah satu sisi permukaan Bulan tanpa bantuan teknologi untuk mengorbit Bulan. Rahasia sisi Bulan lainnya, baru didapat dengan penerbangan Luna 3 pada tahun 1959.

Pada siang hari, pemandangan langit sebatas langit biru dan matahari atau bulan kesiangan; sedang di saat fajar dan senja, langit merah di kaki langit timur dan barat. Interaksi cahaya matahari dengan angkasa Bumi melukiskan suasana langit yang berwarna warni.

Matahari sendiri adalah satu di antara beragam bintang di Galaksi. Ada bintang yang lebih panas dari Matahari (suhu permukaan Matahari 5.800o K), seperti bintang panas (bisa mencapai 50.000 K) yang memancarkan lebih banyak cahaya ultraviolet. cahaya yang berbahaya bagi kehidupan. Ada bintang yang lebih dingin, lebih banyak memancarkan cahaya merah dan inframerah dibandingkan cahaya tampak yang banyak dipergunakan manusia.

Manusia bisa mencapai batas-batas pengetahuan alam semesta yang luas, mengenal ciptaan Allah yang tidak pernah dikenali di muka bumi seperti Black Hole, bintang Netron, Pulsar, bintang mati, ledakan bintang Nova atau Supernova, ledakan inti galaksi dan sebagainya. Akan tetapi, berbagai fenomena yang sangat dahsyat itu tak mungkin didekatkan dengan mahluk hidup yang rentan terhadap kerusakan. Walau demikian, ada jalan bagi yang ingin bersungguh-sungguh menekuninya.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Hari ini kami belajar sebab dan kegunaan pakaian. Mengapa kita harus memakai pakaian? Melindungi tubuh kita dari panas, dingin, supaya cantik, supaya tampan, agar terlihat rapi, dll. Kami juga mengenal berbagai jenis pakaian dan fungsinya seperti kemeja dan celana panjang untuk ayah bekerja, seragam untuk kami sekolah, celemek untk ibu memasak, jaket agar tidak kedinginan, dan banyak lagi.

      Di halaman pertama buku baru itu ada gambar gaun yang sangat bagus sekali. Tapi belum ada warnanya. Kata Bunda Kiki, kalau bajunya mau cantik harus diwarnai, tapi mewarnainya harus bagus dan rapi, dan yang penting harus mewarnai sendiri.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Alam semesta (disebut pula jagat raya atau universum) merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan seluruh ruang waktu kontinu tempat kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya pada pertengahan pertama abad ke-20(Wikipedia)

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

alah satu cara seorang pendidik untuk mencari acuan pembuatan program belajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Proses belajar anak dilakukan berdasarkan pinsip-prinsip perkembangan pada anak yaitu bahwa anak belajar secara holistik, belajar dilakukan dalam tahapan mulai dari yang sederhana hingga ke kompleks, dari yang mudah hingga ke yang sukar, dari konkrit ke abstrak, dari diri sendiri ke orang lain, dari keseluruhan ke bagian-bagian, anak belajar dalam kecepatannya masing-masing

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

seorang pendidik untuk mencari acuan pembuatan program belajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Proses belajar anak dilakukan berdasarkan pinsip-prinsip perkembangan pada anak yaitu bahwa anak belajar secara holistik

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

Pengenalan lingkungan merupakan salah satu komponen dalam bahan pembelajaran pada proses pendidikan anak usia dini (PAUD). Salah satu tujuan pada pendidikan anak usia dini yaitu pengenalan lingkungan. Pengenalan terhadap lingkungan ditujukan agar anak mengenal, memahami dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar di rumah maupun diluar rumah.

Lingkungan yang dimaksud memiliki arti yang luas termasuk lingkungan pada anak (dirinya sendiri), keluarga dan rumah. Selain itu pengamatan lingkungan alam sekitar penting dilakukan untuk perkembangan dan  pertumbuhan kecerdasan pengenalan lingkungan sekitar. Terutama kecerdasan kinestetis, naturalis, spasial dan kecerdasan logis berkembang ketika anak melakukan pengenalan lingkungan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Lingkungan sekitar dapat menarik perhatian atau pusat minat anak dengan bahan /media yang ada di sekitarnya. Karena pembelajaran anak usia dini tidak harus belajar di kelas, namun juga butuh belajar di alam bebas untuk menjadi daya tarik anak usia dini. Pembelajaran diluar kelas dapat menghilangkan kejenuhan anak-anak saat belajar di kelas. Sebagai guru harus mampu mengajak anak-anak belajar dengan menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar baru sehingga anak-anak mendapat stimulus semangat belajar yang baru. Ajak anak-anak belajar dengan wisata melihat lingkungan sekitar untuk mengembangkan pemikirannya, membuat mereka melakukan sesuatu karena mereka telah melihat kejadian alam secara langsung dan peristiwa itu akan terasa berkesan pada pengalaman kehidupan anak.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (makan)

Mengajarkan kepada anak-anak selalu berdoa sebelum dan sesudah makan,  mengajarkan tentang keingintahuan anakakan sesuatu. menampilkan aktifitas anak melalui bernyanyi

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

KEBUTUHANKU (kebersihan)

Anak-anak terbiasa berdoa sebelum masuk kamar mandi, anak-anak diajarkan membuat huruf dengan sikat gigi, dibiasakan mencuci tangan dengan sabun melaksanakan kegiatan

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SD/MI KELAS 4 - TEMA 3

Indonesia merupakan negara penghasil beras terbesar ketiga di dunia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki tanah yang subur dan iklim tropis yang sangat cocok untuk tanaman padi. Padi sebagai SDA yang merupakan sumber makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia.

Sebelum Si Padi menjadi nasi, ada banyak tahap dan proses yang dilaluinya... 


Untuk mengetahui perjalanan Padi yang akhirnya sampai di rumahmu sebagai Beras...

"Yuk... kita coba wawancarai Petani yang sangat berjasa dalam menjaga ketersediaan sumber makanan pokok kita !" 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

DIRIKU SENDIRI (makanan)

         Membaca doa belajar, Membiasakan mencuci tangan pakai sabun sebelum melaksanakan kegiatan, membuat kolase bakul nasi mengunakan daun pisang

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - SENI BUDAYA

Berbicara tentang menggambar gubahan flora, fauna dan geometrik tidak terlepas dari pembahasan ragam hias. Ragam hias juga biasa disebut Ornamen berasal dari bahasa Yunani "ornare" yang artinya hiasan atau menghias. Menghias berarti mengisi kekosongan suatu permukaan bahan dengan hiasan, sehingga permukaan yang semula kosong menjadi tidak kosong lagi karena terisi oleh hiasan. Secara singkat materi ini merupakan pengaplikasian dari menggambar flora, fauna dan alam benda yang telah menggalami Stilasi (digayakan) yang meliputi penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk (Deformasi).  

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - SENI BUDAYA

Bernyanyi merupakan aktivitas yang dilakukan siapa saja dan kapan saja. Bernyanyi secara unisono tidak dapat dilakukan seorang diri tetapi dilakukan oleh sekumpulan orang dengan satu suara. Jenis nyanyian ini membutuhkan kerja sama dan saling peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni. Selain itu, dalam  bernyanyi harus mengetahui teknik-teknik pernafasan dan teknik vokal agar nantinya nyanyian tersebut enak didengar. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - SENI BUDAYA

Bernyanyi merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh semua orang. Penampilan dalam bernyanyi selain dilakukan individu dapat juga dilakukan secara vokal grup. Penampilan vokal grup memerlukan kerja sama baik sehingga penampilan dapat dilakukan secara maksimal. Vokal grup biasanya terdiri dari 3 sampai dengan 12 orang yang menyanyikan lebih dari satu suara. Kemudian ada paduan suara kecil yang anggotanya 12 sampai 28 orang dan paduan suara lebih dari 28 orang yang dikenal dengan istilah akapela, nasyid dan lagu kanon.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - MATEMATIKA

Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan cacah {0,1,2,3,4,…} dan bilangan negatif {-1,-2,-3,-4,…} Suatu hal yang tak terpisahkan dari perhitungan matematis adalah bilangan. Bilangan menjadi nilai dari suatu pengukuran, hasil dari proses perhitungan, hingga proses penomoran. Simbol yang mewakili bilangan berupa angka. Jenis- jenis bilangan bermacam-macam. Salah satunya adalah bilangn bulat. Bilangan blat telah lama diperkenalkan dalam konsep matematika. Setiap negara pada awalnya memiliki lambang bilangan bulat masing-masing. Meskipun demikian, definisi bilangan tidak berubah.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - MATEMATIKA

Pada aktivitas ini, peserta didik diajak mengetahui bahwa di luar angkasa sana, banyak benda-benda langit yang tersebar di dalam suatu galaksi. Ada bintang, asteroid, komet, planet, matahari dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana jarak antar benda-benda tersebut? Apakah dekat? Jauh? Ya, bisa kita bayangkan sendiri. Jarak benda-benda di jagat raya dapat ditentukan dengan cermat oleh ilmuan dengan berbagai instrumen canggih dan moderen. Jarak antar benda di jagat raya dilukiskan dengan satuan tahun cahaya, yaitu jarak yang ditempuh oleh cahaya selama satu tahun, kira-kira 9.500.000.000.000 km. Misalnya saja, jarak galaksi Andromeda, yaitu galaksi yang terdekat dengan galaksi Bimasakti adalah 2,2 juta tahun cahaya, maka jaraknya adalah  2.200.000 x 9.500.000.000.000 km = 20.900.000.000.000.000.000 km. Panjang sekali bukan? Lalu,
apa jadinya bila kita menulis bilangan tersebut? Sangat tidak praktis tentunya. Disinilah kegunaan bilangan berpangkat. Kita bisa menuliskan bilangan besar tersebut dengan cara yang sangat sederhana. Dalam penulisan ilmiah, bilangan tersebut dapat ditulis dengan 2,09 x 10 19 km.
Kemudahan penulisan ilmiah yang menggunakan bilangan berpangkat tersebut sangat membantu kita dalam perhitungan. 

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - MATEMATIKA

       Jika kita mendengar kata Aljabar pasti Identik dengan Matematika. Berbicara tentang Matematika tak akan pernah terlepas dari kehidupan. Karena hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari pasti menggunakan Matematika. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur lagi. Oleh karena itu, Matematika menjadi salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih sukses dalam kehidupannya. Dalam keahlian bermatematika kita dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah dengan benar, sekaligus kita diberi kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabannya benar dan dengan cara yang benar. Disini kita diminta untuk jujur dalam menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang benar dan teliti. Karena jika kita menjawab soal matematika dengan tidak jujurmaka hasilnya? Dapat diprediksi sendiri kan.. Nah, dalam belajar Matematika juga dapat belajar tentang nilai kejujuran

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
SMP/MTs KELAS 7 - MATEMATIKA

Sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari bagaimana menyelesaikan suatu masalah/problem yang terkadang itu merupakan sesuatu yang  sangat  simpel.  Namun  hal  itu  harus  diselesaikan  dengan  cara  yang  sederhana,  mudah dimengerti dan harus rasional. Ketika Jono yang pekerjaannya sebagai penjual buah dimana dia harus menyediakan 115 kg buah jeruk untuk pelanggannya. Disaat yang sama, Jono hanya memiliki 72 kg buah jeruk. Pada kasus ini Jono harus menyediakan kekurangan buah anggur buat pelanggannya (x). Dalam ilmu matematika problem ini dapat dikatagorikan dalam bentuk  Persamaan Linier Satu Variabel. Namun, ketika pelanggan Jono mengatakan dia membutuhkan paling sedikit 115 kg jeruk, maka problem ini dapat kita kategorikan dalam bentuk Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Dengan   menggunakan   konsep   persamaan   dan   pertidaksamaan   linear   satu   variabel,   maka   dapat   membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK B - PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

KEBUTUHANKU (pakaian)

Mengajarkan kepada anak-anak membaca doa memakai pakaian. bisa memasang baju sendiri, bisa mengangkat baju yang sudah dikeringkan dijemuran

Formal Materi

Disdikbud Kab.Siak
TK A - TEMA 1

LINGKUNGANKU (keluargaku)


Pada materi ini telah dituangkan bahwa guru dapat menjelaskan tentang siapa saja yang ada pada  keluarga, dan juga di jelaskan apa saja yang dapat dilakukan dirumah bersama keluarga. Anak juga dikenalkan dengan do’a sehari-hari ( doa untuk kedua orang tua) yang mana melalui do.a ini anak juga diajarkan tentang sang pencipta kita dan manusia juga termasuk ciptaan Allah SWT.

Anak diajak bernyanyi “ satu – satu “ agar tertanam pada diri mereka kasih sayang kepada keluarganya. Sehingga anak juga dapat bercerita tentang keluarganya masing-masing. Selain hal tersebut guru juga memberi motivasi kepada anak untuk melaksanakan tugas-tugas sederhana dirumah melalui video , termasuk tugas yang telah di siapkan guru untuk belajar daring seperti mengerjakan maze, mengelompokkan warna, mewarnai dan lainnya.