LINGKUNGANKU (keluarga)
Disdikbud Kab.Siak   |   24 September 2020
deskripsi
RPPH
RPPM
LKPD
Penjelasan singkat

LINGKUNGANKU (keluarga)

Lingkungan adalah  segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Lingkungan dapat dibagi dengan beberapa seperti lingkungan keluarga,lingkungan sekolah,

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat. Adapun berbagai peranan yang terdapat dalam sebuah keluarga ialah sebagai berikut:

  • Ayah berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga,
  • Ibu mempunyai peran untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung
  • Anak-anak melaksanakan tugas nya untuk belajar demi menggapai cita-cita dan menolong kegiatan ibu da ayah dirumah, seperti membantu mengemas mainan sendiri dan membantu membersihkan kamar tidur sendiri.

Dalam keluarga kita harus saling menyayangi dan melindungi, saling menghormati, apalagi dalam kondisi pandemic covid-19 saat sekarang,sesama keluarga harus saling melindungi dan menjaga seperti tidak keluar rumah jika tidak terlalu perlu, dan jika itu sesuatu yang penting harus menggunakan  masker, selalu mencuci tangan, dan saat sampai dirumah harus lansung mandi dan bajunya harus lansung dicuci,

Kegiatan yang kita lakukan adalah  Menghitung  benda sesuai dengan jumlahnya dari benda-benda di sekitarnyaKegiatan ini dapat mengembangkan kognitif  anak  seperti anak dapat menghitung dan membedakan jumbalah suatu benda dan melatih motoric halus anak untuk terbiasa memegang pencil.

 Pada kegiatan “Mengelompokkan benda sesuai dengan jumlahnya dari benda-benda di sekitarnya”, aspek perkembangan yang dapat di kembangkan dari kegiatan ini adalah sosial emosional, fisik motorik dan kognitif  karena dari kegiatan ini anak dapat mengetahuai barang-barang keperluan ayah dan ibu

Dalam perkembangan aspek bahasa dan kognitif, kegiatan yang dapat dilakukan anak adalah Mengenal dan melengkapi kata untuk keaksaraan awal. Kegiatan ini mampu mengembangkan bahasa karena dengan anak mampu menyebutkan bagian-bagian dari tubuh beserta fungsinya, kosakata bahasa anak juga akan bertambah. Kegiatan ini juga mengembangkan aspek kognitif,  yaitu anak mengetahui anggota-anggota tubuh beserta fungsinya Dalam pembelajaran mengenal nama sendiri anak belajar mengenal siapa dirinya, nama sendiri,dan umur.huruf-huruf yang kurang pada gambar disamping.

          Kegiatan main Mengenal dan melengkapi kata untuk keaksaraan awal “menyusun bumbu dapur (bawang merah)menjadi bentuk huruf K”, kegiatan ini sangat menyenangkan bagi anak, anak mampu berkreasi dalam membentuk huruf dengan bawang yang di pakai oleh ibu sehari-hari untuk bumbu dapur, selain anak  akan mengenal huruf, anak juga dapat mengenal bumbu dapur yang digunakan ibu sehari-hari untuk memasak makanan kesukaan anak.

Kegiatan main lainnya adalah membuat kreasi pohon keluarga, dimana anak menyiapkan foto anggota keluarga inti dan membuat bentuk pohon dar kertas asturo, kegiatan main ini meransang perkembangan seni, motoric halus dan kasar, serta bahasa anak,

Melalui kegiatan bermain pada tema lingkungan dan sub tema keluargaku, anak dapat mengenal anggota-anggota keluarga dan bias menyayangi dan melakukan kewajiban sebagai anggota keluarga, salingng mendoaakan ketika salah satu keluarga mengalami musibah seperti dalam keadaan sakit, dalam kegiatan main pada mnggu ini juga melatih kemandirian,saling tolong menolong, dan tanggung jawab serta kesabaran dan ketekunan dalam melakukan kegiatan yang diberikan oleh guru